Pages

01/03/11

Pengertian Sistem Ekonomi

      Sebelum membahs apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi maka perlu kiranya terlebih dahulu kita memahami arti dari sistem itu sendiri.

      Dalam Webster’s New Collegiate Dictionary sistem didefinisikan sebagai suatu kesatuan item (sub-sistem) yang beriteraksi atau tergantung satu sama lain dalam membentuk suatu kesatuan yang utuh. Dengan kata lain, sistem merupakan “hubungan yang khas diidentifikasikan yang sifatnya harmonis dan terpadu dalam suatu struktur organisai”. Definisi yang lebih lengkap dikemukakan oleh Henri Pratt Faerchild”...system...an aggregate of related interest or activeties. There is the assumption of an organization of part or phases in onderly arrangement a philosophy in all its related phases may be so regarded, also a communication or transportration system; or an economic system. Whatever the system, its related character is identified by harmony in operatio and integration of its structure.”

      Beranjak dari pengertian sistem di atas, mari kitamelihat apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi. George N. Halm menyatakan bahwa “Economic system differ, socialist or capitlist , planned or unplanned, according to their institutions”. Pendapat lain yang sejalan dikemukakan oleh John F. Due bahwa sebuah sistem ekonomi “...as the group of economic intitutions or regarded as a unit the economic system, the organization through the operation of which the vatious resources scarce, relative to the need for them are utilized to satisfy the wants of man”.

      Definisi yang lebih luas dikemukakan oleh Theodore Margan yang menyatakan bahwa “Every economic system is part of constellation of economic, social and political institution and ideas and can be understood only part of this whole”.

      H.M.H.A. Van der Valk juga mengemukakan definisi sistem atau orde ekonomi sebagai berikut:

      De ecomonische orde is de organisatie van het ecomonische liven nolas deze nich binnen de kring der data heeft ontwikkeld” (artinya ... “orde ekonomi adalah organisasi ehidupan ekonomi seperti yang berkembang dalam data yang ada”).

      Pengertian sistem ekonomi yang dikemukakan oleh beberapa sarjana Indonesia antara lain Toru Gunadi yang menyatakan bahwa sebagai berikut:

      Sistem perekonomian adalah sistem sosial atau kemasyarakatan dilihat dalam rangka usaha keseluruhan sosial yang untuk mencapai kemakmuran.

      Dari definisi-definis yang sudah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa “sistem ekonomi merupakan organisai yang terdiri dari sejumlah lembaga atau pranata (ekonomi-sosial-politik-ide-ide) yang saling mempengaruhi satu sama lain yang ditujukan ke arah pemecahan problem-problem produksi-konsumsi yang merupakan problem dasar setiap perekonomian demi tercapainya kemakmuran masyarakat.


Daftar Pustaka:

1. Sovie Nilam, Buku materi pokok Sistem Ekonomi Indonesia; 1-9; ADNI4310/3 SKS/oleh nilam Sovie, Jakarta, Penerbit Karunika Universitas Terbuka, 1986.



0 komentar:

Posting Komentar