Pages

02/10/10

Antara CINTA, SAYANG dan SUKA

Cinta, sayang dan suka. Sebagian besar orang pasti berpendapat kalo ketiga perasaan itu memiliki arti yang sama. Tapi bagi saya tidak. Ketiga perasaan itu memilik arti masing-masing. yang berbeda, namun berhubungan satu sama lain.

Berawal dari suka. Sebelum orang merasakan sayang dan cinta, pasti mereka merasakan suka. Apa sih suka itu? Suka itu adalah rasa ketertarikan seseorang dengan seseorang, seseorang dengan sesuatu benda, dan seseorang dengan suatu hal, serta rasa ingin memiliki dan juga melakukan. Akan tetapi, perasaan itu mudah untuk pergi pula. Dan saat itu lah seseorang atau sesuatu yang kita sukai, akan kita tinggalkan. Beda lagi kalo perasaan itu justru tumbuh menjadi sayang.

Yang berikutnya adalah sayang. Berbeda dengan suka. Sayang adalah kelanjutan dari rasa suka itu sendiri. Bedanya, saat seseorang mulai menyayangi apa yang dia suka, orang tersebut akan merawat, menjaga, dan memperhatikan apa yang iya sukai itu. Bagi saya sayang itu adalah rasa yang paing berarti. Karena rasa sayang tidak akan pernah hilang. Akan selalu ada walau yang kita sayangi itu tidak lagi menjadi milik kita.

Terakhir itu cinta. Cinta? Setiap orang selalu dengan mudahnya mengatakan kata cinta. Tanpa tahu makna yang sebenarnya. Cinta itu adalah perasaan yang luar biasa besarnya. Sangat ingin memiliki, dan apabila cinta itu pergi akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa dan guncangan psikologi yang luar  biasa besarnya. Apa kalian yang pernah mengatakan cinta kepada seseorang atau sesuatu kemudian kalian kehilangan apa yang kalian cintai itu merasakan guncangan psikologi? Bila tidak, berarti Anda belum merasakan apa yang dinamakan dengan Cinta. Dan ungkapan yang mengatakan bahwa "Cinta tidak harus memiliki" itu salah besar. Yang namanya Cinta itu, harus memiliki. Kita harus berusaha memiliki apa yang kita cinta. Tapi bila kita tidak bisa memiliki yang kita cinta itu, iklaskan saja dan jangan pernah berfikir untuk mencintainya lagi. Karena itu bukan milik kita. Dan rasa cinta itu bisa berubah menjadi benci apa bila yang kita cintai itu menyakiti kita.

Saya mendefinisikan ketiga perasaan ini berdasarkan apa yang saya pikirkan dan juga saya rasa. Bagaimana dengan Anda semua? Apa definisi dari suka, sayang, dan cinta menurut pemikiran Anda masing-masing? Apa sama dengan saya atau sangat berbeda? Itu semua terserah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar