baranga akan bertemu dengan konsumen yang membutuuhkannya. Disinilah letak kegiatan pemasaran dilakukan dan kegiatan pemasaran tersebut mencakup strategi-strategi pemasaran perusahaan yang baik, cara-cara yang dilakukan perusahaan maupun saat kapan kegiatan tersebut dilakukan.
Kalau dihubungkan dengan pasar, kita harus tahu lebih dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan pasar?
Adapun pengertian pasar menurut beberapa pendapat adalah sebagai berikut:
- Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli.
- Pasar adalah daerah tempat di ana di dalamnya terdapat penawaran dan permintaan yang bertemu untuk membentuk harga.
- Menurut Willian J Stanton:Pasar adalah orang-orang yanng mempunyai kegiatan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.
Dengan melihat pegertian di atas dapat disimpulkan apa saja yang menjadi faktor utama terjadinya pasar:
- Orang-orang yang mempunyai keinginan untuk terpuaskan.
- Daya beli konsumen.
- Tingkah laku pembeli atau setelah pembelian.
- Harga yang disetujui oleh kedua pihak (penjual dan pembeli).
Jadi hubungan antara pemasaran dan pasar sangat erat, karena pasar merupakan tempat terjadinya transaksi ual beli, sedangkan pemasaran merupakan kegiatan bagaimana agar produksi terjual dan dapat memuaskan keinginan pembeli akan membeli produk perusahaan yang sama setekah mereka merasa cocok dan puas akan produk yang bersangkutan. Dengan melalui pasar perusahaan dapat melakukan konsep pemasarannya yaitu bagaimana usaha perusahaan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sebagai syarat sosial maupun ekonomi bagi klelangsungan hidup perusahaan.
IV. REFERENSI
0 komentar:
Posting Komentar