Pages

08/01/13

BEROLAHRAGA SAAT HAID

Perut kembung, nyeri, pegal-pegal merupakan hal alami yang dialami wanita saat sedang haid. Tak jarang, para wanita lebih memilih mengurangi aktivitasnya saat sedang haid dengan alasan badan terasa lemas dan kurang bersemangat. Padahal dengan olahraga, masalah yang dialami wanita saat haid bisa dibasmi.

Sepanjang periode menstruasi, tubuh wanita mengalami fluktuasi hormon. hormon progesteron menurun dan estrogen naik. hal tersebut tidak hanya mempengaruhi mood, tetapi jugaenergi yang dikeluarkan tubuh. Hal inilah yang mengakibatkan adanya gejala PMS, sepertibmood swing, kesulitan berkonsentrasi, sampai rasa nyeri di daerah sekitar perut.

Saat haid, metabolisme tubuh akan menurun. Oleh sebab itu, olahraga rutin yang dilakukan dipercaya dapat meredakan kram dan kembung yang kerap datang saat haid. Selain itu, olahraga saat haid dapat membantu memperlancar efektivitas sirkulasi darah, sehingga dapat mengurangi rasa sakit di kepala dan sakit lainnya yang disebabkan oleh hilangnya darah dan kekurangan zat besi.

Berolahraga juga mampu membuat siklus menstruasi menjadi teratur.Perempuan yang jarang atau hanya sedikit melakukan olahraga cenderung memiliki siklus menstruasi dan tidak teratur. Sementara, para perempuan yang selama menstruasi terlalu banyak beraktivitas maka bisa membuat siklus menstruasinya berhenti sementara. Akibatnya, siklus menstruasi punn menjadi tidak teratur.

Lakukan olahraga secara hati-hati. Karena ketika menstruasi jumlah darah yang beredar di dalam tubuh akan berkurang. Supaya tetap ama, perhatikan intensitas olahraga yang dilakukan saat menstruasi. Kehilangan cairan yang sangat banyak saat haid bisa berbahaya bagi wanita yang sudah banyak kehilangan darah selama menstruasi. Pilihlah jenis olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga. Misalnya, jalan kaki, senam, serta bersepeda. Lakukan olahraga selama 45 menit sampai 1 jam selama 3 kali sepekan. Hindari berenang dikarenakan faktor higienitas.

0 komentar:

Posting Komentar