Pages

04/01/12

Pemasaran Vs Penjualan


            Dalam dunia marketing pemasaran dan penjualan ini sudah menjadi nyawanya dalam mendongkrak penjualan. Namun banyak pihak yang belum menyadari betul bahwa pemasaran sangat berbeda dengan penjualan. Perbedaan antara pemasaran dengan penjualan menyebabkan dalam suatu perusahaan memisahkannya menjadi departemen pemasaran dan departemen penjualan. Namun departementalisasi ini sering memicu konflik yang berakibat fatal akibat tidak mengetahui fungsi dan ranah kerja masing-masing.
Masalahnya adalah karena keduanya sama-sama tidak mau belajar dan merasa paling paham mengenai bidangnya masing-masing. Manajer penjualan tidak mau belajar konsep pemasaran karena merasa paling tahu tentang pasar dan merasa paling tahu pelanggan tahu kebutuhan, keinginan, hasrat, dan pola konsumsinya. Padahal apa yang disebut manajer penjualan sebagai pemahaman pasar tidak lebih hanya pemahaman subyektif pelanggan per individu. Manajer pemasaran yakin bahwa kebanyakan penjual menderita marketing myopia akibat terlalu fokus memperhatikan kebutuhan dan keinginan para kliennya sehingga tidak peka pada kebutuhan pasar seluruhnya, dan tidak tahu arah perkembangan persaingan, pasar, dan pelanggan masa depan.
Sebaliknya, manajer pemasaran merasa tidak mau memahami pola pikir penjualan dan mempelajari konsep penjualan karena penjualan menurut pemasar tidak lebih dari berkata-kata manis (happy talk), menggunakan tida kata sakti yakni “helo, silakan, terima kasih.

Persamaan dan Perbedaan antara Pemasaran dengan Penjualan
1.      Persamaan
Sama sama bertujuan menukar barang/jasa dengan uang.
2.      Perbedaan
·         Penjualan hanya bertujuan untuk menjual barang. Pemasaran adl penjualan barang menggunakan cara-cara yg dirancang dan direncanakan sedemikian rupa utk memaksimalkan profit yg diperoleh. Jadi pemasaran juga mencakup : pengumpulan informasi (dimana bisa laku, barang macam apa yg bakal laku, lokasi, kecenderungan sifat pembeli, dll. pada intinya analisa pasar), promosi (iklan), pemilihan posisi (produk bersifat musiman atau tetap, yg ditarget masayarakat ekonomi menengah atau atas, dll). Analisa pasca penjualan (kesimpulan apa yg bisa ditarik, apakah analisa pasar sebelum pemasaran memang akurat, dll). Dan berbagai strategi lainnya...(kebanyakan kalo disebutin disini).
·         Pemasaran = Marketing: sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen. Penjualan = Sales: suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.
·         Pemasaran/Marketing menawarkan produk dengan harapan customer kembali untuk memesan/membeli produk tsb. Biasanya dengan pelayanan lebih, mencatat data customer, dll. Penjualan/sales, menjual produk hanya sampai titik barang tersebut terjual.


Kesimpulan
Penjualan dan pemasaran di lihat dari pengertian dan konsepnya  memiliki arti yang berbeda. Kesimpulannya adalah pemasaran adalah strategi-strategi yang digunakan untuk menghasilkan suatu penjualan. Sedangkan pemasaran adalah Upaya upaya yang dilakukan dengan melakukan kontak dengan calon pembeli, dan menyampaikan pesan penjualan.

Referensi

0 komentar:

Posting Komentar