Pages

04/01/12

PEMASARAN


1. Definisi Pemasaran
Pemasaran merupakan bagian yang penting berhubungan dengan pasar, karena pasar yang ada sekarang merupakan pasar pembeli dimana terjadinya transaksi jual beli tergantung pada keputusan pembeli itu sendiri. Sehingga pasar yang ada sangat dipengaruhi oleh perilaku para konsumen dan yang penting bagi perusahaan sebagai yang menawarkan barang hanya bisa mengikuti kehendak konsumen dan bagaimana mengatasi pesain dari perusahaan yang menciptakan barang sejenis.
Dengan demikian kalau kita mendengakan kata “pemasaran” berarti kita harus menghubungkan berbagai kegiatan perusahaan seperti penjualan, perdagangan, distribusi dan penetapan harga dan sebagainya. Karena menyangkut berbagai hal inilah menbuat fungsi pemasaran sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan perusahaan.
Pada dasarnya fungsi pemasaran itu merupakan suatu proses kegiatan yang tidak sederhana dari barang sebelum produksi sampai bagaimana supaya sampai di tangan konsumen yang dapat menghasilkan laba perusahaan atau paling tidak sampai pada kembalinya modal perusahaan.
Di bawah ini pengertian dari beberapa ahli pemasaran:
1.      Wiiliam J Stanton
Pemasaran adalah keseluruhan intern yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
2.      Philip dan Ducan
Pemasaran meliputi semua langkah yang digunaan atau diperlukan untuk menempatkan barang-barang berujud pada konsumen.
3.      American Marketing Association
Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen dan konsumen.
Fungsi utama kegiatan pemasaran dilakukan:
1.      Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan.
2.      Untuk mempengaruhi keputusan mebeli konsumen.
3.      Untuk menciptakan nilai ekonomis konsumen.

Referensi

0 komentar:

Posting Komentar